Problem Solving Cara Efektif Bhabinkamtibmas Polres Banggai Selesaikan Masalah Warga

50
0

Polresbanggai.com Peran Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan Kepolisian di kewilayahan tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, dituntut harus selalu hadir di tengah warga binaannya dan juga selalu membantu menyelesaikan permasalahan (problem solving).

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Kuntang, Kecamatan Balantak Utara, Bripka I Made Suastana dengan melakukan problem solving  kasus seorang pemuda yang mabuk dan merusak barang-barang di dalam rumah tetangganya, Kamis  (16/9/2021).

“Adapun dalam penyelesaian masalah ini, Bripka I Made Suastana bersama Aparat Desa Kuntang dan BPD menghadirkan kedua belah pihak dan sepakat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara musyawarah,” kata Kapolsek balantak Iptu Muhammad Zulfikar SH.

Di sela sela penyelesaian masalah, Bripka I Made Suastana, memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada pemuda mabuk tersebut agar tidak lagi mengonsumsi miras, sebab pengaruhnya dapat memicu tindakan kriminalitas.

“Dari hasil kesepakatan, pemuda ini bersedia menganti seluruh barang yang telah dirusak dan wajib lapor di Mapolsek Balantak setiap hari Senin,” tutur Iptu Zulfikar.

Menurut Iptu Zulfikar, langkah itu diambil Bhabinkamtibmas bersama apparat desa dan BPD sebagai wujud pembinaan agar menjadi efek jera bagi pemuda tersebut dan menjadi contoh bagi warga lainnya agar tidak mabuk-mabukan dan membuat onar.

“Kemudian membuatkan surat pernyataan yang ditanda-tangani kedua belah pihak dan saling meminta maaf seta tidak ada dendam atas perisitiwa tersebut,” tandas Kapolsek.*Humas Polres Banggai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here