Tak Pernah Tersentuh Bantuan, Bhabinkamtibmas Polsek Balantak Ajarkan Warga Binannya Membuat Pupuk Organik

123
0

Polresbanggai.com – Hati Salman Dukalang seorang warga di wilayah Balantak, sangat bahagia setelah mendapat bantuan pembuatan pupuk organik dari Bhabinkamtibnas Polsek balantak Bripka I Made Suastana, Sabtu (27/3).

Pupuk organik yang diajarkan Bripka I Made Suastana itu dari beberapa bahan-bahan yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Kapolsek Balantak Iptu Muhammad Zulfikar SH, mengatakan, selama ini, tanaman di perkebunan Salman Dukalang sangat membutuhkan pupuk. Namun kemampuan untuk memperoleh pupuk, tak dimiliki petani ini.

“Sehingga Bripka I Made Suastana yang mendengar keluhan warga binaannya ini langsung berinisiatif mengajarkan Salman membuat pupuk organik,” kata Iptu Zulfikar.

Menurut Iptu Zulfikar, kehidupan Salman Dukalang selama ini hanya mengandalkan kebun untuk menghidupi keluarganya dan tidak pernah mendapatkan bantuan ataupun sentuhan bantuan dari pemerintah.

“Bahkan untuk berkebun saja, bapak Salman hanya meminjam lahan warga lain dan menjual ponsel miliknya sebagai modal berkebun. Orang sangat tekun menanam,” tutur Iptu Zulfikar.

Hasil penjualan ponsel itu kemudian dibelikan bibit berupa, tomat, cabe, papaya, kancang panjang, mentimun dan sayur-sayuran lainnya. Pupuk organik cair ini pernah dilakukan Bripka I Made Suastana ketika bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Toili Barat dan itu berhasil.

“Semoga, ke depannya bapak Salman Dukalang bias membuat pupuk organic sendiri serta juga mendapat perhatian pemerintah, khususnya Dinas Pertanian,” harap Iptu Zukfikar.*Humas Polres Banggai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here