Pimpin Apel Konsolidasi Kesiapan Bencana Alam, Kapolres Banggai Bacakan Amanat Kapolda Sulteng

37
0

Polresbanggai.com Kapolres Banggai AKBP Satria Adrie Vibrianto SIK, MH, memimpin apel konsolidasi dalam rangka kesiapan menghadapi bencana alam di wilayah Tahun 2021, Kamis (28/10/2021).

Kegiatan yang digelar di Mapolsek Luwuk itu dihadiri oleh PJU Polres Banggai, mewakili Kepala BPBD Banggai, Perwira Kodim 1308 LB, personel TNI, Batalion II Kompi B Brimob, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, BPBD, Pemadam Kebakaran, Orari dan Satpol-PP.

Pada kesempatan itu Kapolres Banggai yang berindak sebagai Komandan Apel membacakan amanat Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi.

Dalam amanat tersebut, Kapolres mengatakan, apel konsolidasi yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah pada hari ini, merupakan wujud kepedulian Polda Sulawesi Tengah beserta jajaran sebagai langkah antisipasi yang diambil.

“Karena bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, tidak mengenal ruang dan waktu, maka kita untuk selalu waspada dan siaga,” ucap AKBP Satria.

AKBP Satria, mengatakan, berdasarkan analisis badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyampaikan bahwa pada akhir tahun 2021 akan terjadi peningkatan akumulasi curah hujan tinggi yang terjadi hampir di seluruh Indonesia yang dapat mengakibatkan bencana banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang, puting beliung, gempa bumi hingga tsunami.

Olehnya itu, pada kesempatan yang baik ini, lanjut Kapolres, terkait dengan apel konsolidasi ada beberapa hal yang disampaikan, yaitu mengucapkan terima kasih atas loyalitas dan integritas rekan-rekan semua dalam mengikuti apel konsolidasi ini dan segera menginventarisir daerah wilayah yang rawan bencana dan membuat perencanaan awal dalam pelaksanaan evakuasi mandiri.

“Untuk menghindari resiko korban jiwa maupun harta benda dan agar selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang bermukim disepanjang daerah aliran sungai (das), wilayah pantai maupun yang tinggal di wilayah perbukitan untuk selalu waspada dan siaga,” sebut Kapolres

Selain itu, segera mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang siap operasional dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, khususnya memakai masker serta laksanakan tugas kemanusiaan ini dengan penuh integritas, tulus, ikhlas dan loyalitas serta penuh tanggung jawab, agar menggunakan prinsip cepat dan tepat, meminimalisir korban, penyelamatan manusia dan harta benda.

“Lakukan secara terpadu dengan sinergitas dan solidaritas kepada seluruh unsur yang bertanggungjawab dalam penanganan dan penanggulangan bencana untuk melakukan mitigasi dan kesiapsiagaan, serta selalu meningkatkan koordinasi dengan bmkg dan lembaga lain,” imbau AKBP Satria.*Humas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here