Wakapolres Banggai Hadiri Upacara Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 di Kantor Bupati

32
0

Polresbanggai.com – Wakapolres Banggai Kompol Margiyanta SH, menghadiri upacara peringatan hari Kebangkitan Nasional ke 114 tahun 2022 di pelataran Kantor Bupati Banggai, Kompleks perkantoran Bukit Halimun, Jumat (20/5/2022).

Kegiatan yang bertemakan “Ayo Bangkit Bersama”
tersebut bertindak sebagai Inspektur upacara Wakil Drs.Furqanudin Masulili yang dikuti sekitar 250 orang.

Hadir dalam kegiatan itu yakni, Kajari Banggai R.Wisnu Bagus Wicaksono,S.H.M.Hum, Sekab Abdulah Ali, para pimpinan OPD, Pasi Pers Kodim 1308/LB, Danki Brimob Luwuk dan Danton Ki C Yonif 714 SM.

Drs. H. Furqanudin Masulili di kesempatan tersebut membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Johnny G. Plate. Lewat Wakil Bupati Banggai, beliau mengungkapkan bahwa semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini.

“Di tengah krisis Rusia, pandemi covid – 19 dan konflik Ukraina yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,” tuturnya.

Republik Indonesia, lanjut Menkominfo, memperingati kebangkitan nasional yang ke – 114. dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai seruan agar seluruh rakyat bisa bangkit bersama dari pandemi Covid – 19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

“Peringatan hari kebangkitan nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja, guna memahami esensi sejarah kebangkitan nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan hari kebangkitan nasional,” sambung dia dalam teks pidato yang dibacakan Drs. H. Furqanudin Masulili.

Lahirnya organisasi Boedi oetomo sebagai pelopor Harkitnas, Johnny G. Plate Kembali menjelaskan, bertujuan untuk menjamin kehidupan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

“Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan Indonesia yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” imbuhnya.*Humas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here