Warga Datangi Polsek Balantak, Kaposek: Situasi Kamtibmas Sudah Aman dan Kondusif

113
0

polresbanggai.com Balantak Iptu Hasan mengungkapkan, bahwa tahanan Polsek Balantak meninggal dunia di RSUD Luwuk pada Rabu 14 September 2022 karena mengalami sakit usus buntu akut, gagal ginjal stadium 4, dan gangguan fungsi hati.

Hasan pun menjelaskan, bahwa pada 4 September 2022 sekitar pukul 11.00 Wita almarhum Antoni Indilai mengeluh sakit dan dibawa ke Puskesmas Balantak didampingi orang tuanya dan dikawal personel Polsek Balantak.

“Dan pada Sabtu 10 September 2022 almarhum kembali dibawa ke Puskesmas balantak untuk rawat inap karena mengeluh sakit di bagian perut dan kaki bengkak,” jelasnya.

Kemudian pada Senin 12 September 2022 sekitar pukul 10 Wita berdasarkan keterangan dokter Puskesmas Balantak almarhum harus dirujuk ke RSUD karena diindikasi mengidap penyakit usus buntu dan sudah menahun.

“Dan pada Rabu 14 September 2022 sekitar pukul 11.00 Wita keluarga almarhum bersama sekitar 50 warga Desa Tower, Kecamatan Balantak Utara mendatangi Mapolsek Balantak melakukan komplain atas meninggalnya almarhum,” sebutnnya.

Ia menejelaskan, bahwa pihak keluarga melakukan komplain karena pada saat almarhum ditahan di rutan Mapolsek Balantak tidak diperbolehkan untuk melakukan pengobatan tradisional di kampung.

“Bahwa aksi keluarga almarhum yang dilakukan dengan merusak kaca dan kursi inventaris Polsek,” jelasnya.

Hasan menuturkan, almarhum yang merupakan tahanan atas kasus 170 KUHP ini tidak bisa dibantarkan untuk melakukan pengobatan tradisional ini lantaran tidak sesuai.

“Karena sesuai prosedur, alasan pembantaran untuk melakukan pengobatan tradisional ini tidak bisa kita penuhi, kecuali jika akan dibawa ke dokter,” paparnya.

Pasca kejadian tersebut, hasan menambahkan situasi kamtibmas sudah kembali kondusif dan pihak keluarga sudah menerima atas meninggalnya almarhum.

“Dan saat ini situasi sudah kembali aman. Tadinya keluarga dan warga sempat emosi sesaat, namun telah tenang,” imbuhnya.

Saat ini keluarga almarhum dan personel Polsek Balantak bersama Koramil melakukan pengawalan jenazah almarhum ke rumah duka di Desa Tower untuk disemayamkan dan dilanjutkan dengan rencana penguburan.*Humas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here