Kapolsek AKP Candra Hadiri Apel Siaga TPK Nusantara di Aula Pahangkabotan Kantor Camat Luwuk

31
0

Polresbanggai.com – Kapolres banggai SH, SIk, MH, diwakili Luwuk SH, MH, menghadiri kegiatan apel siaga Tim Pendamping Keluarga (TPK) Nusantara Bergerakan di Kecamatan Luwuk, Kamis (12/5/2022) pagi.

Kegiatan yang digelar di Aula Pahangkabotan Kantor Camat Luwuk ini turut dihadiri, Wakil Drs H. Furqanuddin Masulili, Ketua PKK Ibu Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin, SE MM, Pimpinan OPD, Danramil Luwuk 1308-01 Letda Inf. Romel Kamea,  Camat Luwuk Plt. Irfan Milang, S.Sos, Kepala Puskesmas Kampung Baru, Kepala KUA Kecamatan Luwuk, Ketua dan pengurus Bidan se-Kabupaten Banggai, Para Lurah dan Kades se-Kecamatan Luwuk dan undangan.

Wakil dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama kepada 1000 hari pertama kehidupan.

“Stunting menjadi salah satu masalah yang harus diselesaikan untuk mencapai pembangun SDM yang berkualitas, dinamis, terampil serta menguasai IPTEK demi kemajuan Kabupaten Banggai,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Wakil Bupati, perlunya kolaborasi Tim pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri dari Bidan, Kader TP-PKK, dan Kader KB, sebab pada semua desa maupun kelurahan yang ada di telah terdapat TPK yang julahnya mencapai 1.011 orang.

Drs H. Furqanuddin Masulili menjelaskan, ada beberapa tujuan dilaksanakannya kegiatan Apel Siaga ini diantaranya dilakukan sebagai momentum Kicf Off kegiatan verifikasi dan validasi data keluarga beresiko stunting, titik awal pelaksanaan pendampingan kepada sasaran yang dilakukan oleh TPK.

Selanjutnya, menumbuhkan semangat gerak secara masif dalam percepatan penurunan stunting melalui Pendamping Keluarga, menigkatkan pemahaman tentang pelaksanaan kegiatan Pendampingan Keluarga dan pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin, ibu hamil dan keluarga yang memiliki balita, pelayanan KB, pelayanan vaksinasi dan pelayanan lainnya.

“Pelaksanaan Apel Siaga ini perlu dukungan dari kita semua untuk memajukan dan peningkatan kesehatan bagi masyarakat dan menurunkan stunting di Banggai mencapai 14% sesuai dengan target nasional di tahun 2024,” jelasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutnkan dengan pembacaan tes komitmen TPPS/Kecamatan TPK bergerak oleh Ketua TPPS Kecamatan, selanjutnya pembacaan tes Ikrar KUA dan Ikrar TPK diikuti oleh peserta KUA dan TPK. Dikatakan, kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Banggai.*Humas Polres Banggai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here